Bisnis & Ekonomi

6 Tips Memilih Web Hosting Terbaik

Published

on

Hosting adalah ‘rumah’ bagi website Anda di internet. Sehingga, Anda perlu berhati-hati sebelum menentukan hosting mana yang akan Anda gunakan nantinya. Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih hosting yang terbaik, namun kali ini saya hanya memberikan 6  saja. Apa saja? Yuk simak baik-baik!

1. Kualitas Performa Sever
Ada banyak parameter yang menentukan kualitas performa server, salah satunya adalah lokasi server tersebut. Apabila Anda ingin membuat website yang penggunanya berada di Indonesia, akan lebih baik apabila lokasi servernya berada di Indonesia juga.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan spesifikasi server yang terletak di datacenter penyedia layanan hosting Anda. Spesifikasi ini mencakup teknologi server, kecepatan prosesor (jenis prosesor maupun berapa core yang digunakan), kapasitas RAM, harddisk (apakah menggunakan SSD atau tidak), maupun network speed (semakin tinggi maka semakin baik kecepatan aksesnya).

2. Customer Support 24 Jam dan Berkualitas
Pilihlah penyedia hosting yang memiliki tim Customer Support yang berkualitas dan yang selalu siap sedia 24 jam. Sehingga jika Anda membutuhkan bantuan teknis, Anda dapat menghubungi mereka kapanpun.

3. Harga Terjangkau
Bandingkan rincian spesifikasi maupun jenis paket antar penyedia layanan hosting berikut dengan harganya, tapi tentunya perbandingannya juga harus apple to apple. Harga yang lebih tinggi biasanya menawarkan jenis paket serta performa server yang lebih baik.

Advertisement

4. Garansi Uang Kembali
Garansi uang kembali adalah fasilitas terbaik yang bisa diberikan oleh perusahaan penyedia layanan hosting. Artinya, penyedia layanan tersebut menjamin kepuasan Anda sebagai pelanggan.

5. Fitur Tambahan
Sebaiknya pertimbangkan ketersediaan fitur tambahan lainnya yang mungkin Anda butuhkan untuk website Anda. Misalnya, jika Anda ingin membangun website dengan lebih mudah dan cepat, Anda bisa menggunakan fitur tambahan Website Builder. Atau mungkin Anda ingin menginstall tool serta plugin tanpa kerepotan? Anda dapat menggunakan Softaculous Auto Installer, misalnya.

6. Review Pelanggan
Sebelum memutuskan layanan apa yang ingin Anda gunakan, ada baiknya Anda juga mempertimbangkan pendapat orang lain. Dalam hal ini, Anda perlu melihat review dari pelanggan lain.

Sekian 6 Tips Memilih Web Hosting Terbaik yang dapat saya berikan. Jika Anda masih ragu penyedia hosting mana yang akan Anda gunakan, saya merekomendasikan Anda untuk menggunakan layanan hosting dari IDwebhost.

Advertisement
Exit mobile version