Bisnis & Ekonomi

‘Sisi Gelap’ WhatsApp Menurut Mark Zuckerberg

Published

on

WhatsApp memiliki jumlah pengguna lebih dari 1,5 miliar, hal ini menjadikan WhatsApp sebagai layanan messaging favorit dan sangat populer. Meskipun WhatsApp sangat populer, ternyata WhatsApp memiliki ‘sisi gelap’, khususnya bagi Facebook.

Sejak dibeli Facebook senilai USD 19 miliar 5 tahun lalu, WhatsApp belum juga menghasilkan untung hingga saa ini. Di sisi lain, kepopulerannya dikhawatirkan menjadi salah satu penyebab berkuranganya orang menggunakan aplikasi Facebook. Hal itu dikatakan sendiri oleh pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Ia menyebut WhatsApp sebagai platform privat, sedangkan Facebook dan Instagram disebut platform publik.

“Seiring bertumbuhnya platform privat, dalam beberapa kasus kami menjumpai kanibalisasi platform publik di negara seperti India, di mana WhatsApp sangat populer,” ujar Zuck yang dikutip dari Economic Times.

Jumlah pengguna WhatsApp yang mencapai sekitar 400 juta di India disebut-sebut sebagai yang terbesar di dunia, sedangkan jumlah pengguna Facebook di negara tersebut hanya sekitar 300 juta. Facebook sudah lama merencanakan memajang iklan di status WhatsApp, namun hingga saat ini belum juga diimplementasikan. Meskipun diimplementasikan, mungkin jumlah keuntungan yang akan dihasilkan pun tidak luar biasa.

“Penggunaan dan engagement WhatsApp memang fenomenal, tapi saya tidak tahu bagaimana bisa dimonetisasi” kata Karthik Srinivasan, seorang konsultan komunikasi.

Advertisement

Beberapa faktor yang membuat WhatApp populer di negara berkembang adalah gratis dan ringan. “Gratis, bisa membagikan video dan foto serta aplikasi ringan yang bisa bekerja di area bandwidth rendah,” sebut Sanchit Vir Gogia dari Greyhound Research. Sedangkan Facebook di sisi lain aplikasinya cukup berat dan belakangan ini makin banyak iklan. Tapi tentunya menjadi masalah jika ketenaran WhatsApp melampaui Facebook sedangkan aplikasi tersebut tidak juga menguntungkan.

Sumber:

  • https://inet.detik.com/cyberlife/d-4526130/zuckerberg-bahas-sisi-gelap-whatsapp
  • https://economictimes.indiatimes.com/tech/internet/unprofitable-whatsapp-may-hit-facebooks-profitable-apps-mark-zuckerberg/articleshow/69050789.cms
Exit mobile version