Berita

Dukungan Masyarakat Percepat Pemulihan Pasien COVID-19

Published

on

PANGKALPINANG – Masyarakat diminta untuk saling memberikan dukungan bagi pasien yang terpapar COVID-19 untuk mempercepat penyembuhan COVID-19. Selain menjaga imunitas tubuh dan menerapkan protokol kesehatan, proses penyembuhan pasien COVID-19 juga bergantung pada dukungan dari lingkungan.

Dokter Spesialis Patalogi Klinik Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) Pangkalpinang, dr Nafiandi, SpPK menjelaskan masa penyembuhan pasien terpapar COVID-19 tidak sama. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penyembuhannya.

“Ada beberapa faktor penyembuhan, diantaranya berat ringan klinisnya, daya tahan tubuh pasien sendiri, banyaknya jumlah virus yang ada pada pasien itu sendiri, dan faktor lainnya yang secara secara umum mempengaruhi penyembuhan terhadap suatu penyakit. Faktor Psikologis dan dukungan akan sangat baik untuk mempercepat pemulihan,” katanya lewat keterangan tertulis yang diterima, Jumat (12/6/2020).

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, masyarakat tidak perlu khawatir atau mengucilkan pasien yang terpapar maupun yang sudah sembuh. Pasalnya, ketika pasien sudah dinyatakan sembuh berdasarkan hasil pemeriksaan PCR ditubuhnya sudah tidak ada virus lagi dan tidak akan menularkan. “Setelah sembuh berarti virusnya sudah tidak ada sama dia. Pasien dinyatakan sembuh kalau PCR nya susah negatif, jadi tidak akan menularkan lagi ke orang lain,” ujarnya.

Untuk memutus mata rantai penyebarannya, pasien yang sudah terkonformasi positif COVID-19 berdasarkan hasil tes PCR harus diisolasi sehingga tidak menjadi penular bagi orang lain. Selain itu, perlu penanganan tambahan dalam bentuk perawatan tergantung dengan gejala klinis yang dimiliki.

Advertisement

“Kalau sudah terkonformasi positif harus diisolasi, tujuannya untuk memutus rantai penularannya terhadap orang lain. Jadi dia tidak menularkan ke orang lain karena dia tidak kontak lagi dengan orang lain. Makanya kita harus memberikan dukungan kepada pasien COVID-19 supaya mereka tidak merasa dikucilkan, ini akan sangat baik untuk mempercepat pemulihan,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan sehingga dapat saling melindungi. Pencegahannya bisa dilakukan dengan memakai masker terutama saat keluar rumah, rajin cuci tangan dengan sabun atau antiseptik, dan jaga jarak, hindari kerumunan. “Pasien yg positif harus di isolasi untuk menghindari menularkan ke orang lain. Ikuti protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah semenjak dari awal COVID-19 muncul,” tutupnya.

Sumber: https://covid19.babelprov.go.id/dukungan-masyarakat-percepat-pemulihan-pas

Exit mobile version