Berita

Bertambah Tiga, Akumulasi Positif COVID-19 di Bangka Belitung Jadi 45 Kasus

Published

on

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) Bangka Belitung (Babel) membenarkan penambahan tiga kasus terkonfirmasi Covid-19 per Sabtu, 30 Mei 2020.

Juru Bicara GTPPC-19 Babel, Andi Budi Prayitno mengatakan tiga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 masing-masing tersebar di tiga daerah di Babel. Pertama yakni laki-laki inisial IB (53) beralamat di Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat, namun berdomisili di Bukit Baru, Pangkalpinang.

Andi menjelaskan berdasarkan riwayat perjalanan, IB tidak pernah keluar daerah. Sebab itu, belum diketahui pasti di mana dan dari mana IB terpapar untuk itu, sementara IB termasuk ke dalam kasus transmisi lokal.

“Dari hasil rapid test diperoleh hasil reaktif, lalu dilakukan swab test terhadap yang bersangkutan dan dari hasil pemeriksaan di laboratorium RSBT Pangkalpinang, Jum’at (29/5/2020k diperoleh hasil Positif. Saat ini yang bersangkutan dalam kondisi sehat (OTG) dan sudah dibawa pada Sabtu, 30 Mei 2020 di Wisma Karantina Pangkalpinang di LPMP untuk mendapatkan penanganan,” kata ABP, Sabtu (30/5/2020).

Andi melanjutkan, Pasien kedua yakni laki-laki inisial G (31) beralamat di Jalan Sinar Jaya, Sempan, Pemali, Bangka. Sama dengan IB Berdasarkan riwayat perjalanan dan riwayat kontak dengan konfirmasi positif, belum diketahui darimana G terpapar Covid-19.

Advertisement

Sementara, dari hasil rapid test diperoleh hasil reaktif, lalu dilakukan swab test terhadap yang bersangkutan dan dari hasil pemeriksaan di laboratorium RSBT Pangkalpinang, Kamis (28/5/2020) diperoleh hasil Positif. “Untuk G Saat ini yang bersangkutan dalam kondisi sehat (OTG) dan sudah mendapatkan penanganan sejak Sabtu, 30 Mei 2020 di Wisma Karantina Provinsi di BKPSDMD Babel,” jelasnya.

Kemudian Pasien ketiga terkonfirmasi positif pada hari ini berasal dari Bangka Tengah, Perempuan inisial IY (30) beralamat di Jalan Sungai Selan, Terak, Simpang Katis. Diungkapkan Andi, dilihat dari riwayat perjalanannya, IY tidak pernah ke luar dari Babel selama tahun 2020. Namun Dari hasil rapid test diperoleh hasil reaktif, lalu dilakukan swab test terhadap yang bersangkutan dan dari hasil pemeriksaan di laboratorium RSBT Pangkalpinang pada Kamis (28/5/2020) diperoleh hasil positif.

“Meski dinyatakan positif IY saat ini dalam kondisi sehat (OTG) dan pada Sabtu (30/52020) akan dibawa ke Wisma Karantina Provinsi di BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mendapatkan penanganannya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Andi menuturkan dengan adanya penambahan 3 (tiga) kasus yaitu 1 di Kota Pangkalpinang, 1 Kabupaten Bangka, dan 1 lagi di Kabupaten Bangka Tengah, maka total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Babel per hari ini (Sabtu, 30 Mei 2020) menjadi 45 orang, dengan detail sebaran sebagai berikut: Pangkalpinang 8, Bangka 6, Bangka Barat 15, Bangka Tengah 3, Bangka Selatan 2, Belitung 10, dan Belitung Timur 1, dengan total pasien dalam perawatan dan penanganan saat ini berjumlah 17 orang, pasien yang sembuh 27 orang, dan yang meninggal 1 orang.

Kemudian, Andi menambahkan sampai saat ini jumlah sampel yang sudah diperiksa di laboratorium berjumlah 882, dengan hasil Positif 45 dan Negatif 249. Sementara sampel yang sedang dalam proses pemeriksaan berjumlah 528. “Total Orang Tanpa Gejala (OTG) 1691 dimana dalam proses pemantauan 570, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 1011 dimana dalam proses pemantauan 21, Pasien dalam Pengawasan (PDP) 92, dimana dalam proses pengawasan 10,” ungkapnya.

Advertisement

Sementara diungkapkan ABP, Situasi di Wisma Karantina Covid-19 di BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, saat ini tercatat jumlah penghuni sebanyak 23 orang, dengan rincian: OTG 7, ODP 10, PDP 0, terkonfirmasi positif Covid-19 ada 6 orang, dan sembuh 20.

“Di Klinik Kesehatan Dinas Kesehatan Babel sampai hari ini sudah melakukan sebanyak 701 rapid test. Sedangkan untuk Tes Swab di Balai Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Babel hingga hari ini telah mengambil 37 spesimen, dengan total akumulasi 761 spesimen, dan Tes Swab yang sudah terbaca sebanyak 202 spesimen,” demikian ABP.

Sumber: https://covid19.babelprov.go.id/bertambah-tiga-covid-19-di-babel-45-positi

Exit mobile version