Berita

Bahaya! Ini Alasan Kenapa Tidak Boleh Menggoyang-goyangkan Kendaraan Saat Isi Bensin

Published

on

Sebagian masyarakat Indonesia punya kebiasaan saat melakukan isi ulang bahan bakar di SPBU, yakni menggoyang-goyangkan kendaraan, baik mobil ataupun motor. Mungkin kalian juga?

Menurut kepercayaan zaman dahulu, menggoyang-goyangkan mobil atau motor saat mengisi bensin bertujuan untuk memaksimalkan pengisian bahan bakar ke dalam tangki bensin. Nyatanya tidak, karena Pertamina malah mengimbau untuk tidak menggoyang-goyangkan kendaraan saat isi bensin karena bisa menyebabkan kebakaran lho!

Untuk diketahui, syarat terjadinya kebakaran ada tiga, yaitu bahan bakar, oksigen, dan titik bakar atau panas.

“Ketika beli bensin di pom bensin, sebenarnya ketiga unsur itu ada di sekitar kita, bahan bakar udah jelas namanya juga di pom bensin, ada oksigen karena kan di luar ya, jadi dua unsur utamanya ada. Nah, unsur ketiganya adalah panas, percikan atau api atau pemantik, itu yang menjadi bahaya,” jelas Arya Dwi Paramita, selaku Media Communication Manager Pertamina.

Menggoyang-goyangkan kendaraan saat pengisian bahan bakar dapat membuat cairan memuncrat ke sekitar tangki kendaraan yang mungkin saja bisa menyimpan energi panas atau dapat memantik api.

Advertisement

Selain dapat menyebabkan kebakaran, menggoyang-goyangkan kendaraan saat isi bensin justru dapat menimbulkan efek mudah luber. Sebab, pada saat melakukan hal tersebut, bahan bakar yang ada di dalam tangki justru akan berbuih. Seperti halnya manusia ketika hendak minum soda, saat botolnya dikocok atau digoyang-goyangkan, maka isinya akan menyembur ke luar. Perlu diketahui juga, BBM adalah cairan, dan sifat cairan adalah selalu mengalir dari tempat tinggi ke yang rendah.

Sumber:

  • https://www.100kpj.com/tips-trik/5257-goyang-goyang-kendaraan-saat-isi-bensin-berguna-enggak-sih
  • https://www.suara.com/otomotif/2019/07/30/103127/pertamina-imbau-tidak-menggoyang-mobil-saat-isi-bensin-ternyata-bahaya
  • https://hai.grid.id/read/071804374/perhatikan-ini-alasan-kalian-nggak-boleh-menggoyangkan-kendaraan-saat-isi-bensin?page=all
Exit mobile version