Berita

Satelit NASA Mulai Keliling Cari Planet Baru

Published

on

Satelit milik NASA sudah mulai bekerja untuk mencari planet baru. Satelit pemburu planet yang dinamai Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) ini sudah mulai mengumpulkan data.

TESS akan mengirimkan data awal ke Bumi pada bulan Agustus. Setelah itu, TESS akan mengirimkan data observasi baru tiap 13,5 hari. TESS sendiri telah mengirimkan foto uji coba yang menunjukkan 200.000 bintang pada bulan Mei.

“Saya senang bahwa pemburu planet kami siap untuk mulai menyisir halaman belakang sistem tata surya kita untuk mencari dunia baru,” kata Director of Astrophysics Division NASA, Paul Hertz, dalam pernyataannya, seperti dikutip dari Space, Minggu (29/07/2018).

“Dengan kemungkinan adanya lebih banyak planet dibanding bintang di alam semesta kita, saya nantikan dunia aneh, fantastis yang akan segera kami temukan,” lanjutnya.

TESS sendiri diluncurkan pada 18 April menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX. Nantinya, TESS akan melanjutkan kerja teleskop Kepler yang telah berhasil mengidentifikasi 2.650 exoplanet.

Advertisement

Tetapi, dibandingkan Kepler yang hanya penjelajahannya dibatasi dalam area yang kecil saat misi utamanya, TESS akan menjelajahi hampir seluruh bagian angkasa dalam misinya yang direncanakan akan berjalan selama dua tahun.

Selama observasinya tersebut, TESS akan fokus untuk mencari planet baru di antara 200.000 bintang di angkasa. Tim perancang TESS memperkirakan bahwa satelit ini akan mengidentifikasi 1.600 exoplanet baru yang beberapa akan seukuran dengan Bumi.

Planet yang telah diidentifikasi oleh TESS nantinya akan dipelajari lebih lanjut dan detail menggunakan James Webb Space Telescope milik NASA yang pembangunannya terus tertunda.

Sumber: https://inet.detik.com/science/d-4139553/satelit-nasa-mulai-keliling-cari-planet-baru

Advertisement
Exit mobile version