Berita

Emisi Karbon Wikipedia Lebih Rendah dari Amazon dan Google

Published

on

Wikipedia dilaporkan memiliki emisi karbon lebih kecil dibandingkan situs populer lain, seperti Amazon dan Google. Hal ini disebabkan oleh penggunaan server dalam jumlah kecil yang diterapkan oleh situs terpopuler nomor tujuh di dunia ini.

Co-Founder Wikipedia, Jimmy Wales mengungkapkan kepada jurnalis Huffington Post, perusahaannya hanya menggunakan beberapa ratus server, sehingga mampu menghasilkan emisi karbon kecil. Wales juga menjelaskan, Wikipedia tidak perlu membuat halaman baru karena setiap halaman telah didukung artikel tersembunyi. Wikipedia hanya perlu menampilkan artikel tersebut saat pengguna mengakses halaman terkait.

Wales juga menyebut terus berupaya untuk menjaga desain sederhana yang selama ini diusung oleh Wikipedia. Hal ini, jelas Wales, turut berkontribusi dalam minimnya emisi karbon yang ditinggalkan Wikipedia.

Tidak hanya menjaga jumlah emisi karbon, desain sederhana ini disebut menjadi salah satu nilai penting yang menghadirkan kemudahan penggunaan untuk pengguna Wikipedia.

Beberapa perusahaan teknologi besar dilaporkan memulai langkahnya untuk mengurangi emisi karbon, dan lebih transparan terkait dengan penggunaan energi mereka. Apple menjadi salah satu perusahaan yang mulai terbuka terkait dengan penggunaan energi, melalui pencantuman fasilitas pada laporan tanggung jawab lingkungannya.

Sementara itu, Google mempertahankan halaman khusus yang didedikasikan untuk efisiensi energi dari pusat datanya. Facebook mengunggah video tur salah satu pusat data, yang mengunggulkan efiensi energi di tahun 2011.

Advertisement

Namun, beberapa perusahaan disebut tidak mengelola situsnya sendiri, seperti Amazon. Raksasa industri komputasi cloud ini memiliki lebih dari 2 juta server di seluruh dunia, dan tercatat sebagai salah satu perusahaan dengan catatan dampak terhadap lingkungan terburuk.

(Sumber: METROTVnews.com)

Exit mobile version