Berita

Kerangka Dinosaurus Terbesar di Jepang Akhirnya Berhasil Dirakit

Published

on

Kerangka dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan di Jepang telah dirakit untuk pertama kalinya, sebagaimana dilaporkan Daily Mail, Jumat, 21 September 2018.

Dijuluki Mukawaryu, sisa reptil berusia 72 juta tahun itu ditemukan dari deposit laut yang berasal dari zaman kapur akhir. Kerangka sepanjang sekitar 26 kaki (8 meter) itu telah diidentifikasi sebagai dinosaurus berparuh bebek.

Herbivora ini menyebar di Eurasia, Amerika Utara dan Selatan, serta Antartika sekitar 100 juta hingga 66 juta tahun yang lalu. Kerangka itu ditemukan di Hobetsu di pulau paling utara Jepang, Hokkaido, oleh tim peneliti dari Museum Universitas Hokkaido dan Museum Hobetsu.

Mayoritas tulang-tulang itu telah diidentifikasi dan hasil penyatuannya kini menyajikan penggambaran yang lebih akurat dari anatomi dinosaurus itu.

Kerangka Mukawaryu itu, yang pertama kali terungkap pada 2017, didefinisikan sebagai kerangka lengkap karena mengandung lebih dari 50 persen tulang. Sekarang diperkirakan 60 persen tulang telah diidentifikasi dan 80 persen dari keseluruhan kerangka telah ditemukan.

Advertisement

Meskipun paling lengkap di Jepang, kerangka ini bukan yang paling lengkap di dunia. Beberapa spesimen memiliki 90 persen dari tulang yang teridentifikasi.

Sejumlah besar tulang tengkorak itu kini telah disatukan sebagai tulang dari bahu, kaki depan, pinggul, kaki belakang, dan tulang belakang. “Masih banyak tulang dan fosil tak dikenal yang perlu dipulihkan,” kata profesor Yoshitsugu Kobayashi dari tim peneliti.

“Kami akan terus meneliti Mukawaryu, menganalisis tulangnya, dan menguraikan lebih banyak detail dari makhluk ini. Kami juga berharap untuk lebih memperjelas posisi sistematisnya, menentukan spesies terkait dan ekologi lingkungan tempat tinggalnya,” ujarnya.

Dinosaurus berparuh bebek atau hadrosaurs diperkirakan telah berjalan dengan kaki belakang dan menggunakan ekornya untuk keseimbangan. Namun mereka juga diyakini berjalan dengan keempat kakinya untuk merumput dan minum.

Mereka berkisar dalam ukuran panjang dari 10 hingga 65 kaki (3-20 meter) dan memiliki paruh seperti tanduk ompong dan ratusan gigi di dalam rahangnya untuk menggiling tanaman.

Advertisement

Kerangka hadrosaurs lengkap telah ditemukan sebelumnya, tapi sangat langka bagi kerangka lengkap dinosaurus darat ditemukan di lapisan laut.

Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1128705/kerangka-dinosaurus-terbesar-di-jepang-akhirnya-berhasil-dirakit

Exit mobile version