Berita

Sering Ganti Password Malah Permudah Hacker Bobol Akun?

Published

on

Salah satu anjuran untuk menjaga agar password tetap aman adalah selalu menggantinya secara berkala.

Namun, ternyata cara tersebut ternyata diketahui tidak efektif, bahkan bisa mempermudah hacker untuk membobol password Anda. Hal tersebut disampaikan oleh Chief Technologist Komisi Perdagangan Amerika Serikat, Lorrie Cranor.

Menurut Business Insider, Cranor mengatakan bila mengganti password secara berkala justru akan membuat akun Anda semakin tidak aman. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan orang hanya mengubah sebagian kecil dari karakter di password, sehingga hacker masih dapat menebaknya dengan mudah.

Tidak hanya itu, mengganti password secara berkala membuat hacker mengetahui pola dari password yang digunakan dan memungkinkan mereka untuk bisa menebak password Anda yang lainnya.

Cranor menyebut, fenomena penggantian password secara berkala sebagai “transformations” dan menurutnya para hacker telah lama mengetahui isu ini.

Advertisement

Dengan mengamati pola transformasi password, hacker bisa membuat script khusus yang bisa menebak password Anda dengan mudah. Hal ini tentunya akan membuat akun Anda semakin tidak aman.

Meski demikian, bukan berarti mengganti password merupakan cara yang tidak ampuh untuk melindungi informasi pribadi Anda. Cranor mengatakan bila mengganti password hanya perlu dilakukan jika salah satu akun Anda memiliki tanda-tanda telah dibobol oleh hacker. Jangan lupa juga untuk membuat password yang benar-benar baru, bukan memodifikasi password lama.

(Sumber: metrotvnews.com)

Exit mobile version