Berita

Waspada Penipuan Mengatasnamakan GOJEK!

Published

on

Modus penipuan di sektor jasa keuangan kian beragam menyasar masyarakat. Tak terkecuali pada layanan uang elektronik dan pembayaran online GoPay, milik PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau yang lebih dikenal dengan GOJEK.

Sebuah pesan singkat masuk ke ponsel korban yang isinya memberikan kejutan berupa bonus tiga juta rupiah untuk GoPay. Tak lama setelah mendapat pesan singkat tersebut, korban akan ditelpon oleh seseorang yang mengaku dari karyawan GOJEK. Sebelumnya, korban akan mendapat pesan singkat dari GOJEK yang berisi kode verifikasi empat angka.

Waktu bersamaan seorang yang mengaku karyawan GOJEK langsung menelpon dengan basa-basi hadiah, kemudian meminta agar diberitahukan kode tersebut.

Kemudian modus dilanjutkan, pelaku meminta korban untuk mengikuti instruksinya. Pertama membuka akun GOJEK, masuk ke halaman isi saldo, dan meminta menuju salah satu cara mengisi GoPay. Jika tidak ada e-Banking, pelaku meminta korban pergi ke ATM terdekat.

Perlu diketahui, saldo GoPay dapat ditransfer atau ditarik (withdraw). Jika korban melakukan sesuai apa yang diinstruksikan si pelaku, maka si pelaku akan masuk ke akun si korban dan melakukan transfer saldo GoPay ke akun milik si pelaku atau melakukan penarikan ke rekening milik si pelaku.

Advertisement

Salah satu nomor pelaku adalah 081222355774. Modus penipuan ini sudah marak terjadi. Diharapkan untuk customer GOJEK harus lebih berhati-hati.

Pihak GOJEK tidak pernah meminta kode atau PIN baik melalui telepon, WhatsApp, SMS dan lainnya.

Exit mobile version