Connect with us

Review

5 Search Engine yang Mungkin Perlu untuk Anda Ketahui

Published

on

Search Engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian berkas-berkas yang ada di dunia maya seperti: layanan www, ftp publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer server dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai “hits”. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu database ataupun direktori web.

Nah, berikut ini adalah “5 Search Engine yang Mungkin Perlu untuk Anda Ketahui”, yaitu:

Ask
Ask yang pada awalnya bernama Ask Jeeves didirikan oleh Garret Gruener dan David Warthen. Mesin pencari ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan jawaban dari setiap pertanyaannya.

Selain itu, search engine ini  berfungsi untuk mencari informasi berupa gambar, dokumen, video, referensi, dan berita. Situs ini bisa menjadi alternatif sebab masih bisa menemukan situs yang terkubur akibat spam di jejaring mesin pencari lainnya. (Link: http://www.ask.com)

Bing
Bing merupakan produk dari Microsoft. Bing adalah bentuk reinkarnasi yang dilakukan oleh Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu diantaranya Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.

Advertisement

Bing memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang kuat karena menggunakan teknologi PowerSet. Selain itu dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook dan e-mail. (Link: http://www.bing.com)

Google
Google merupakan sebuah perusahaan Amerika Serikat yang fokus pada jasa dan produk Internet. Search engine ini didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Google adalah search engine yang paling populer dan banyak digunakan di dunia maya untuk mencari informasi yang diinginkan. Informasi tersebut dapat berupa pencarian alamat website, gambar, file dan lainnya. Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya. (Link: http://www.google.com)

Yahoo!
Yahoo! merupakan perusahaan multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Yahoo! didirkan oleh Jery Yang dan David Filo. Yahoo merupakan singkatan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Selain search engine, Yahoo! juga menyediakan fasilitas e-mail gratis. (Link: http://www.yahoo.com)

Yandex
Yandex (Dalam bahasa Rusia: Яндекс) adalah sebuah perusahaan internet Rusia yang mengoperasikan mesin pencari terbesar di Rusia dengan pangsa pasar sekitar 60%. Yandex merupakan mesin pencari terbesar keempat di dunia berdasarkan comScore, Inc. dengan lebih dari 150 juta pencarian per harinya.

Selain di Rusia, Yandex juga memiliki pangsa besar di Ukraina, Belarus dan Kazakhstan. (Link: http://www.yandex.com)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement