Connect with us

Teknologi

Cek Kecepatan Internet dengan speedtest-cli di Debian dan Ubuntu

Published

on

Apa itu speedtest-cli?
speedtest-cli adalah aplikasi untuk mengukur kecepatan internet (upload dan download). Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman Python. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menguji kecepatan internet Anda berdasarkan jarak tertentu (dalam kilometer), tidak hanya berdasarkan jarak, tapi Anda juga dapat mengujinya berdasarkan area yang Anda inginkan.

 

Cara pasang/install speedtest-cli
1. Sebelum memasang speedtest-cli, pastikan Python versi 2.4 (atau versi yang lebih baru) telah terpasang di sistem Anda, dan Anda juga harus login sebagai root.

2. Ketik dan jalankan (enter) perintah wget https://blog.dhp.pw/downloads/speedtest-cli_install .

speedtest-cli

3. Kemudian ketik dan jalankan perintah  chmod +x speedtest-cli_install   agar file speedtest-cli_install dapat dieksekusi.

Advertisement

4. Ketik dan jalankan perintah  ./speedtest-cli_install  untuk memulai pemasangan speedtest-cli dan tunggu hingga proses pemasangan selesai.

5. Jika pemasangan berhasil, ketikkan perintah speedtest-cli untuk mengecek kecepatan internet Anda.

speedtest-cli2

Anda juga dapat memeriksa daftar server berdasarkan jarak (dalam kilometer), caranya: ketik dan jalankan perintah speedtest-cli –list  . Atau jika Anda ingin memeriksa daftar server berdasarkan area (contoh: Indonesia), ketik dan jalankan perintah speedtest-cli –list | grep -i Indonesia .

speedtest-cli3

Selanjutnya, untuk menguji kecepatan koneksi terhadap server yang diinginkan, Anda dapat menggunakan perintah speedtest-cli –server [server ID]  .

Contohnya: Jika Anda ingin menguji kecepatan koneksi terhadap server PT. Telekomunikasi Indonesia (Medan, Indonesia), ketik dan jalankan perintah speedtest-cli –server 7583 .

Advertisement

speedtest-cli4

Sekian & terima kasih ?