Connect with us

Berita

Banyak Artikel Kesehatan Palsu di Facebook

Published

on

Hoax atau berita palsu tidak hanya mengenai politik, tapi juga kesehatan. 7 dari 10 artikel kesehatan yang paling banyak dibagikan di Facebook pada 2018 mengandung informasi salah atau tidak lengkap. Artikel-artikel tersebut telah dibagikan sebanyak 12,3 juta kali, sedangkan untuk artikel-artikel akurat hanya dibagikan sebanyak 11 juta kali.

Penelitian yang dilakukan Health Feedback meneliti artikel-artikel kesehatan dari sejumlah media besar. Selain itu, mereka juga meneliti artikel kesehatan dari situs yang tidak terkenal yang berhasil menyebarkan artikel mereka dengan judul yang bombastis dan informasi salah. Salah satu topik yang paling sering diangkat adalah terkait penyakit dan cara penanganannya, makanan dan nutrisi, serta vaksinasi.

Menariknya, sebagian besar artikel terkait vaksinasi cukup akurat. Health Feedback menyebutkan, kebanyakan artikel itu membahas tentang naiknya jumlah penderita penyakit yang seharusnya bisa dihindari dengan vaksin karena adanya gerakan anti-vaksin. Sebaliknya, jumlah artikel bohong paling banyak membahas tentang makanan dan nutrisi. Topik makanan dan nutrisi memiliki jumlah artikel paling banyak.

Sumber:

  • http://teknologi.metrotvnews.com/news-teknologi/5b2qDzMN-banyak-artikel-kesehatan-palsu-di-facebook
  • https://www.engadget.com/2019/02/04/facebook-misleading-health-stories-health-feedback-study-/
  • http://healthfeedback.org/the-most-popular-health-articles-of-2018-a-scientific-credibility-review/