Connect with us

Berita

Kriminal Siber Kini Juga Gunakan Teknik Clickbait

Published

on

4KVJY3GaM5security

Clickbait adalah salah satu teknik klasik yang banyak digunakan di internet untuk membuat pembaca penasaran atau terkejut sehingga mereka akan membaca konten itu. Bahkan Facebook berusaha untuk mengurangi jumlah clickbait di beranda mereka.

Tampaknya, teknik clickbait tidak hanya digunakan oleh media, tapi juga para kriminal siber. Karena itu, muncul sebuah metode scam email baru yang memanfaatkan teknik clickbait dan nama salah satu calon presiden AS, Hillary Clinton.

Menurut Neowin, belum lama ini, email spam yang menggunakan nama Clinton tersebut telah disebarkan. Diduga, di dalam email tersebut terdapat video Clinton bertemu dengan ketua grup teroris ISIS. Email itu menggunakan topik seperti “Pertemuan Clinton dengan Ketua ISIS tertangkap kamera” yang sudah pasti akan membuat para penerima email menjadi penasaran, terutama mereka yang tinggal di AS.

Dalam email tersebut, tertulis bahwa sang calon presiden AS terlihat sedang memberikan uang kepada ketua ISIS. Di email itu, juga tertulis pesan untuk sang penerima, “Anda bisa memilih siapa yang akan Anda pilih.” Namun, pada kenyataannya, email itu tidak mengandung video.

Sebagai gantinya, ia memiliki file .ZIP, yang menurut Symantec mengandung file Java yang jika dibuka akan menginfeksi komputer penerima email dengan Java RAT (Remote Access Trojan) yang disebut “Backdoor.Adwind”. Selain itu, email itu juga mengandung dua file .VBS yang dikabarkan dapat mengetahui antivirus dan firewall sang penerima gunakan.

Advertisement

Adwind lalu akan berusaha untuk menghubungkan komputer ke windows8pc.space, yang merupakan server C&C (Command and Center) sang kriminal siber. Server ini lalu mengunduh dan menjalankan berbagai malware lain ke komputer korban.

Menurut analisis Symantec, Trojan ini tidak hanya dapat membuat backdoor pada komputer yang terinfeksi, tapi juga mencuri data sang korban. Ia juga disebutkan dapat menyebar di berbagai perangkat, mulai dari PC berbasis Windows, Linux, Mac OS X dan bahkan perangkat Android.

Karena itulah, sebaiknya Anda berhati-hati saat menerima email dari pengirim yang tidak dikenal karena ia dapat mengandung malware atau software lain yang dapat membahayakan komputer Anda. Email dengan judul clickbait seperti yang dijelaskan di atas dibuat sedemikian rupa sehingga penerimanya menjadi penasaran dan ingin membukanya.

(Sumber: metrotvnews.com)

Advertisement