Connect with us

Berita

Mengenal Jenis-Jenis Ransomware

Published

on

Serangan ransomware WannaCry memang masih menjadi pusat perhatian dunia keamanan siber saat ini.

Serangan yang dilancarkan secara masif ke seluruh dunia tersebut telah membuat banyak pihak kewalahan, bahkan beberapa korbannya ada yang berasal dari Indonesia. Namun, apa sebenarnya ransomware?

Menurut perusahaan keamanan F-Secure, ransomware adalah sebuah jenis malware atau program berbahaya yang dibuat dengan tujuan untuk memeras korban dan meminta uang. Faktor tebusan berupa uang memang sudah menjadi ciri khas sebuah ransomware.

Pengguna yang terserang ransomware dipastikan akan dimintai tebusan sejumlah uang dalam bentuk Bitcoin ke hacker yang menyebarkan ransomware tersebut. Itulah sebabnya ransomware juga dikategorikan sebagai crimeware.

Hingga saat ini ransomware dibagi dalam dua kategori berdasarkan modus pemerasannya. Pertama adalah crypto ransomware, yang bekerja dengan cara mengunci seluruh file yang ada di komputer korban. Setelah itu, korban akan dihubungi dan dimintai tebusan sejumlah uang dalam bentuk bitcoin jika ingin datanya bisa diakses kembali.

Advertisement

Crypto ransomware memanfaatkan teknik penguncian file melalui kriptografi, sehingga pengguna tidak bisa mengaksesnya. File tersebut harus didekripsi atau dibuka kuncinya agar bisa kembali diakses. Jenis malware ini salah satunya adalah WannaCry yang sedang menghebohkan dunia.

Jenis kedua adalah police-themed ransomware. Berbeda dengan crypto ransomware yang memanfaatkan data terkunci untuk memeras korbannya, ransomware ini memeras dengan cara langsung. Setelah berhasil menginfeksi komputer korban, biasanya ia akan menampilkan pesan bahwa komputer tersebut telah dikunci oleh badan penegak hukum legal.

Korban kemudian diminta untuk mengirimkan sejumlah uang “denda” ke alamat tertentu yang tentu saja berujung pada dompet sang hacker. Tidak jarang varian police themed ransomware ini juga ikut mengunci akses komputer sehingga terlihat seperti benar-benar dikunci oleh pihak berwajib.

Sumber: http://teknologi.metrotvnews.com/news-teknologi/eN4JXl5k-mengenal-jenis-jenis-ransomware

Advertisement