Connect with us

Berita

Smartphone Android Lebih Mudah Diretas Ketimbang iPhone

Published

on

9BEXj5oEMR

Smartphone dengan sistem operasi Android lebih mudah diretas dibandingkan iPhone. Hal ini disampaikan oleh panduan keamanan Android dan Apple, para ahli keamanan siber, pengembang software mobile, dan satu investigator peretas smartphone.

Seperti yang dilansir CNN Money, laporan ini muncul akibat permasalahan terkait dengan privasi iPhone pelaku teror antara FBI dan iPhone. FBI mengaku kesulitan dalam meretas iPhone 5C milik pelaku penembakan San Bernandino, Syed Farook. Hal ini disebabkan enkripsi secara default yang diterapkan Apple pada ponsel cerdasnya.

Smartphone bersistem operasi Android disebut lebih mudah untuk diretas karena enkripsi hanya berlaku hanya di sebagian kecil sistem pada perangkat. Enkripsi pada perangkat Android diperkenalkan Google di tahun 2011, namun disematkan di balik berbagai pengaturan.

Sementara itu, pada akhir 2014, Google mulai menanyai konsumen untuk mengenkripsi ponsel selama proses setup.

Sebanyak 97 persen ponsel Android memiliki pilihan enkripsi, kurang dari 35 persen mengaktifkan pilihan tersebut saat pertama kali menggunakan ponsel. Google menyebut, seluruh perangkat dengan performa tinggi danyang menggunakan Android versi terbaru, Marshmallow, kini diharuskan untuk mengaplikasikan enkrispsi.

Advertisement

Namun, Google menyebut, hingga saat ini baru terdapat 1,2 persen perangkat yang menggunakan versi terbaru Android tersebut.

Sementara itu, Apple menerapkan proses enkripsi secara lebih merata. Sebanyak 94 persen iPhone bersistem operasi iOS 8 atau 9 mengalami proses ekripsi pada seluruh datanya. Hal ini karena Apple memegang kendali penuh terhadap proses pembuatan perangkat, perancangan software, dan sistem operasi ponselnya.

Namun, salah seorang jaksa di New York City, Cyrus Vance, berpendapat Google juga menawarkan keamanan yang baik pada perangkat sebelumnya. Hal ini karena Google dapat melakukan reset passcode pada model sebelumnya.

Sementara itu teknisi jaringan, Rolf Weber, menyebut perangkat Android tetap mampu menawarkan keamanan serupa iPhone jika pengguna memilih password yang sesuai.

(Sumber: METROTVnews.com)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement