Connect with us

Berita

Ditabrak Serpihan Cat, Kaca ISS Retak

Published

on

HRVdqwJiIU

Adegan pecahnya kaca pesawat luar angkasa memang dapat membuat sebuah film menjadi dramatis. Hal tersebut juga terjadi di dunia nyata.

Menurut laporan Popular Science, baru-baru ini stasiun luar angkasa internasional (ISS) dihantam oleh benda asing yang mengakibatkan salah satu kacanya retak. Meski demikian, kondisi ISS tetap aman.

Salah satu astronot di ISS, Tim Peake, mengatakan bahwa bagian kaca yang retak adalah salah satu kaca di modul Cupola. Untungnya, kaca di modul tersebut memiliki empat lapisan khusus sehingga tidak akan mudah pecah oleh benda asing yang seringkali menabrak ISS.

Menurut badan antariksa Eropa (ESA) yang membuat modul tersebut, benda asing yang menabrak Cupola diperkirakan merupakan serpihan cat dengan diameter tidak lebih dari 0,0001 milimeter.

Alasan mengapa benda asing tersebut mampu membuat retak kaca lapis empat yang terpasang di modul Cupola adalah karena kecepatannya yang sangat tinggi.

Advertisement

Benda asing atau biasa disebut space debris ini bisa melaju dengan kecepatan 28.163 Km/jam. Kebanyakan space debris merupakan benda kecil bekas peluncuran satelit atau roket. ESA mengatakan bahwa space debris dengan ukuran lebih dari 1cm bisa menembus lapisan pelindung yang ada di ISS.

Itulah mengapa, para ilmuwan dan agensi luar angkasa berusaha mengurangi jumlah space debris melalui berbagai cara, mulai dari menggunakan vakum khusus, hingga menggunakan laser.

(Sumber: METROTVnews.com)