Connect with us

Berita

Ilmuwan Kembali Temukan 3 Planet yang Bisa Ditinggali Makhluk Hidup

Published

on

Sekelompok peneliti MIT, University of Liege, dan beberapa universitas lainnya, menemukan tiga planet baru yang tengah mengorbit sebuah bintang.

Menariknya, ketiga planet tersebut diperkirakan dapat dihuni makhluk hidup. Para peneliti bahkan mengklaim bahwa ketiganya merupakan kandidat planet terbaik yang bisa dihuni oleh manusia hingga saat ini.

Menurut Extreme Tech, ketiga planet tersebut tengah mengorbit sebuah bintang bernama TRAPPIST-1, yang berjarak sekitar 40 tahun cahaya dari Bumi. Jarak tersebut tergolong sangat dekat dibandingkan dengan temuan planet lain sebelumnya.

TRAPPIST-1 sendiri merupakan bintang yang termasuk ke dalam golongan Dwarf Star atau bintang muda. Jika dibandingkan dengan matahari, TRAPPIST-1 masih jauh lebih dingin namun telah memiliki fondasi hidrogen dan reaksi fisi yang kuat.

Keberadaan TRAPPIST-1 sendiri diketahui setelah peneliti melakukan observasi mendalam menggunakan teleskop TRAPPIST atau Transiting Planets and Planetesimals Small Telescope. Dua dari tiga planet tersebut mengorbit bintang TRAPPIST-1 hanya dalam waktu 1,5 dan 2,3 hari Bumi sehingga mengindikasikan bahwa jaraknya sangat dekat dengan bintang TRAPPIST-1.

Advertisement

Meski orbitnya sangat dekat, namun TRAPPIST-1 merupakan bintang muda yang masih sangat dingin. Hal tersebut membuat ketiga planet ini berada di jarang yang tepat untuk kehidupan bisa bertahan.

Saat ini, para ilmuwan masih terus meneliti ketiga planet tersebut yang baru saja diyakini bahwa ketiganya juga memiliki satelit alami seperti bulan.

(Sumber: METROTVnews.com)

Advertisement